RSS
Write some words about you and your blog here

About this blog

hohoho

hohoho
hohoho

Search

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
yah ga banyak, saya seorang akhwat yang pengen jadi bidan dan penulis cocok ngga tuh..hahaha

berbisnis itu ternyata...

Menjalankan bisnis itu memang susah ternyata. Jangan dipikir Cuma mendapatkan keuntungan semata. Selain itu ternyata berbisnis juga “ADA SUSAHNYA BO..gilla cin lumyan susah lho”. Buat njaga kestabilan masalah keuangan (aku ini kan masih ank kecil ngapain juga aku ngomongin kayak begituan...-_- sookk banget sih nih akuu). Pokoknya emang ada senengnya kalo berbisnis itu,, tapi ngga lupa juga “ADA SENEnepnya..”hu..jadi bingung mau ngapain kalo berbisnis (masih anak kecil sih tau apa coba). Haduh aku kan punya mimpi jadi pengusaha termuda HUAHAHAHA(kalian tertawa??terserah lah). Hanya sekedar cerita aja, dulu aku nggak tau banget yang namanya jualan aku kira habis jualan itu dapet untung terus uangnya buat beli jajan terus selanjutnya jualan lagi minta uang lagi sama umi, tapi ternyata umi ngga mau ngasih duit ke aku. Akhirnya si fi’ah pun berfikir gimana caranya jualan biar laku, untung, terus bisa jualan lagi. Sekedar info aja pertama kali jualan, ngga ada yang mau beli produkku.. “menyerah sajalah..(jualannya waktu kelas sepuluh)..”. kata siapa aku harus menyerah(sebenernya sempet miris banget sih waktu nggak laku emang produknya jelek banget sihh aku ngga kepikiran sampe segitunya). Karena umiku ngasih tau sesuatu yang membuatku bersemangat kembali hohoho. Sampai akhirnya aku kembali dengan produk baruku hahaha. Tapi itu ngga aku jualin dulu takut ngga laku. Aku pake aja ke sekolah hahaha, sekedar mengmbangkan style di sekolah waktu aku pake produkku ternyata lumayan banyak yang ngikut buat produk kayak aku hahaha(ge-er banget..-_-). Seterusnya sampe setiap hari aku ganti-ganti produk sesuai sama seragam yang aku pake. Lha kok ada yang tertarik “Eh Chin lucu banget nih punyamu.. aku boleh pesen ga,, besok jadi yah..tapii NGUTANG dulu boleh”. GUBRAK...!!! “opo maksudmu kuwi??karepmu lah”. Dan malemnya aku buatin produk buat dia yang pesen ke aku. Pembeli pertama. Dan karena malam itu aku lagi bersemangat banget mbuat itu, akhirnya aku juga ngembangin seluruh ide-ide ku HAHAHA sampek lupa pesenannya temenku tadi. Aku sedang berfikir malem itu gimana kalo di campur warna ini itu, eh tapi stoknya ko cuman sedikit ya???ngga bisa dilanjutin lagi nehh.. gimana ya??oh iya pesenanya temen ku tak buatin..tapi perlengkapannya kurang gimana nih??..udah jadi sebenernya, tapi karena salah satu properti nggak ada jadi aku males ngasihin. Besoknya ke sekolah “gimana ciiin,, udah jadi belonn ???” dan ia terlihat kecewa mendengar penjelasanku (hiks..kayak di drama korea aja). Dan akhirnya aku berfikir kembali bagaimana caranya mengembangkan jualan ini??? Aku, yang suka ngomong akhirnya tanya-tanya temen-temen ku yang sekelas (ga capek ciiin), capek tau.. tapi ternyata ada hasilnya juga, alhamdulillah ya.. aku dikasih tau toko tempat dimana perlengkapan-perlengkapan itu dijual dan esoknya aku kesana dan langsung mborong-mborong perlengkapan-perlengkapan tersebut dengan uang tabungan kuu (hiks..demi jualan..). habis kata umi kudu mandiri, okelah ngga papa aku akan berusaha mi..doakan yaaa... back,, malemnya aku buat sekeren mungkin sebanyak mungkin. Besoknya aku kasihin pesenannya ke dia. Aku awalnya masih malu-malu kalo jualan beneran deh padahal udah aku desain semenarik mungkin, tapi ngga berani buat ngeluarin. Mirisnya... akhirnya aku serahkan sama adekku yang duduk di kelas 6 sd, padahal produkku itu udah murah. Sedikit laku sih tapi masi nyicil HUA...habislah uangku..  tak lama setelah itu aku depet temen sebangku yang baru dan awalnya sedikit membosankan, soalny wajahnya emang pendiem gitu. Tapi lama kelama’an jangn ditanya dah sama cerewetnya kayak aku, kaget aku mendengar pernyataan ini. Akrab dan sebenernya dia juga lagi jualan sih tapi udah populer dia jualan coklat, enak murah pula. Yang aku suka kalau lagi duduk disebelahnya dia orangnya kadang care kadang cuekk bebek, pinter, dan imannya kuat. Hohoho asli kangen banget kalo ke inget tuh si coklat. Rasanya pengen NGGIGITT tuh anak udah ninggalin aku di kelas yang berbedo hiks...yang membuatku selalu kangen kalo lagi di kelas.. kembali lagi sama jualan, aku diajarin sama si coklat kalo jualan. Dan terikatlah bisnis diantara kita (yeekk anak kecil tau apa tentang bisnis) sudahlah terserah. Bla bla bla.. si coklat berbakat banget ngitung duit, ngajarin aku ini itu, intinya pelajaran baru waktu itu uang jualan jangan di abisin buat njajan, soalnya uangnya itu di buat beli bahan lagi. (GUBRAK ..baru tau dia). Sudah kayak mbakku aja tuh si coklat. Karena si coklat punya banyak adek diz memanfaatkan adeknya buat njualin produkku, awalnya berjalan dengan LUANCCAAARR...aku untung si coklat juga untung. Ditengah jalan menuju jl.jagir bannya bocor..(salah bo’ong itu ora nyambung). Di awal manis terus pahit, terus asem...hohoho begitulah ceritaku..dan karena usahaku mulai dikenal. Alhamdulillah ya banyak yang pesen. Terimakasih buat semuanya yang udah mendukung berjalannya usahaku mulai dari umiku yang ngga kasih uang buat modal, tapi akhirnya aku nemu modal sendiri alhamdulillah ya.. selanjutnya buat temen-temen ku yang udah beli lebih dari 3 produk atau yang cuman sekali beli juga terimakasih dah. Yang pesen lebih dari 29, de el el dah.. produkku itu adalah... “flanel si fi’ah” hohoho



mbikin gajah susah banget
masih jelek banget 
apalagi yang ini
pesenannya anak SKI(termasuk aku)

     

0 komentar:

Posting Komentar